Selasa, 30 Mei 2017

Memperbaiki Mesin Suzuki Splash Tidak Bisa Hidup

Tags

Memperbaiki Mesin Suzuki Splash Tidak Bisa Hidup

Memperbaiki Mesin Suzuki Splash Tidak Bisa Hidup - Bangun pagi, mau panasin mesin mobil sambil ditinggal mandi. Ternyata si mobil kesayangan tak mau hidup, jangan panik, cari tahu penyebabnya.

Mesin mobil tidak mau nyala antara lain disebabkan : Accu / Aki soak atau kepala penghubung aki ada yang kendor Dinamo start rusak Sakelar pengapian rusak Injektor bahan bakar bermasalah Jarak antara kepala busi dan sumbu busi terlalu renggang Kompresi mesin yang terlalu rendah Regulator tekanan bahan bakar rusak

Tindakan darurat yang dapat anda lakukan : Buka kap depan mobil anda lalu periksa sambungkan kepala aki dan kabel terminal yang berhubungan langsung, jika senoid (kumparan) berbunyi ‘klik’ tapi tidak terjadi apa-apa kemungkinan besar aki anda telah habis masa pakainya. Sedangkan kemungkinan kedua dinamo start telah habis kull dan dapat diperbaiki di tukang service dinamo terdekat.


Berikut adalah apa yang terjadi pada mobil dalam kondisi normal:

– Anda duduk di belakang kemudi dan memasukkan kunci kontak ke switch.

– Anda kemudian putar kunci ke posisi start. Ketika Anda melakukan itu, kunci kontak terlibat starter dengan menghubungkan aki ke motor starter listrik, pada gilirannya engkol mesin lebih. Hal ini dapat dengan mudah didengar dan disebut sebagai cranking mesin lebih.

– Hal berikutnya yang akan terdengar adalah suara mesin hidup, yang merupakan tanda untuk melepaskan kunci.

– Pada saat itu, mesin sedang hidup dan Anda siap untuk menempatkan pemilih transmisi di Drive dan menuju sesuai destinasi.

Harap dicatat: Artikel ini menguraikan masalah dasar, tetapi tidak dimaksudkan untuk menjadi do-it-yourself perbaikan panduan untuk menyelesaikan semua kemungkinan sekenario komponen mesin mobil tidak bisa hidup. Jika pengalaman mekanik Anda terbatas, informasi ini mungkin berguna sebelum menemukan bengkel mobil.

Ada beberapa penyebab untuk jenis kondisi tidak bisa di starter, yang paling umum adalah bahwa Anda hanya memiliki masalah pada sistem bahan bakar. Dengan asumsi bahwa Anda memiliki bahan bakar di tangki, Anda akan perlu melalui serangkaian tes untuk menentukan apa yang menyebabkan masalah. Prosedur pengujian mengharuskan Anda menggunakan peralatan khusus untuk menentukan area masalah. Ada tiga tes utama untuk mendapatkan Anda menunjuk ke arah yang benar. Anda akan perlu menguji untuk Spark, Bahan Bakar dan Kompresi, dalam urutan itu. Segera setelah Anda melihat masalah di salah satu daerah, itu adalah di mana Anda akan perlu untuk memusatkan perbaikan.

Busi:

Cara mudah untuk menguji busi mobil adalah dengan spark tester murah. Ini adalah perangkat yang sudah tersedia di hampir semua toko suku cadang & aksesoris mobil. Anda menggunakannya hanya dengan memegangnya di samping kabel busi. Jika Anda melihat lampu neon berkedip sementara seseorang engkol mesin, maka Anda memiliki percikan dan harus beralih ke memeriksa bahan bakar. Jika tidak ada percikan, atau percikan sangat lemah, Anda harus melakukan serangkaian tes metodis yang bervariasi tergantung pada jenis kendaraan. Anda akan melakukan secara manual untuk perbaikan mobil Anda agar mendapatkan prosedur diagnostik yang benar dan tentunya juga yang terbaik. Sebuah sumber yang baik untuk informasi perbaikan on-line pada harga murah yang wajar adalah bla..bla..bla.. cari sendiri ya 😀 .

Bahan Bakar:

Langkah pertama di sini adalah untuk mendengarkan pompa bahan bakar yang hidup di dalam tangki bensin. Ketika Anda memutar kunci untuk menghidupkanya, Anda harus mudah mendengar pompa, hidup selama beberapa detik untuk membangun tekanan bahan bakar, kemudian matikan. Jika Anda tidak mendengarnya, itu bisa berarti bahwa pompa bahan bakar atau sirkuit buruk. (Kegagalan pompa bahan bakar adalah masalah umum pada mobil modern.)

Bahan Bakar disuntikkan mobil sangat sensitif terhadap tekanan bahan bakar yang tepat. Jika tekanan tidak aktif, bahkan oleh beberapa kilogram, itu akan menyebabkan masalah kinerja yang nyata, atau kondisi no-start. Untuk memeriksa tekanan bahan bakar yang tepat, Anda akan memerlukan alat pengukur tekanan bahan bakar yang cocok untuk jenis sistem. Sebuah bahan bakar menyuntikkan mesin (ditemukan pada hampir setiap kendaraan kurang dari 20 tahun) menghasilkan tekanan bahan bakar yang sangat tinggi dan membutuhkan alat pengukur tekanan bahan bakar yang membaca hingga 100 pon per inci persegi. Jenis alat ukur memiliki konektor berulir yang harus sesuai dengan pressure tap pada rel bahan bakar Anda. Karena Anda bekerja dengan fluid sangat mudah terbakar yang bisa sangat berbahaya jika Anda tidak tahu apa yang Anda lakukan, Anda harus meninggalkan langkah ini untuk menghindari kesalahan fatal dan biaya service mobil yang terlalu mahal.

Kompresi:

Jika Anda tahu bahwa Anda memiliki percikan dan bahan bakar, langkah berikutnya adalah untuk memeriksa kompresi. Untuk ini, Anda perlu kompresi tester yang selalu di gunakan oleh montir mobil. Anda akan perlu untuk membuka busi dan menggunakan tester kompresi untuk menguji kompresi pada setiap silinder. Jika kompresi sangat rendah pada semua silinder, yang merupakan tanda pasti bahwa timing belt (atau timing chain tergantung pada mesin) telah gagal dan harus diganti.

Mesin hidup, tapi mobil tidak akan bergerak ketika dimasukkan ke dalam gigi: Jika mesin sedang hidup, tetapi mobil tidak bisa bergerak saat Anda menempatkan transmisi di gigi, ikuti langkah berikut:

Transmisi otomatis:

Jika Anda menempatkan pemilih di drive atau reverse, tapi mesin hanya ras ketika Anda tancap gas dan mobil tidak bergerak atau bergerak sangat lambat, itu berarti bahwa ada masalah dengan transmisi atau driveline. Hal pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa tingkat fluid dalam transmisi. Pada kebanyakan mobil, Anda memeriksa tingkat fluid transmisi dengan mesin menyala di Park. Jika tingkat fluid sangat rendah, singkatnya, Anda melihat ada fluid pada dipstick, mematikan mesin untuk menghindari kerusakan lebih lanjut untuk transmisi dan panggilan untuk derek ke bengkel.

Dalam beberapa kasus, kebocoran dapat diperbaiki dengan cukup mudah tanpa biaya besar (dengan asumsi transmisi tidak rusak dengan menjalankan dengan tingkat fluid rendah). Jika fluid penuh, ada kemungkinan kecil bahwa perpindahan gigi mungkin berasal terputus, yang berarti bahwa Anda beruntung. Jika tidak, Anda kemungkinan besar menghadapi transmisi mahal membangun kembali.

Standar Shift Transmission: Jika Anda menempatkan transmisi di gigi, tetapi ketika Anda melepaskan kopling, mobil tidak bergerak atau bergerak sangat lambat meskipun mesin balap, mungkin saatnya untuk mengganti kopling. Pada beberapa mobil, Anda mungkin bisa bertahan dengan penyesuaian kopling, tapi jika sudah tergelincir untuk sementara waktu, kemungkinan bahwa permukaan gesekan kopling dibakar dan akan perlu diganti.

Aki Mobil Mati Salah satu yang paling umum kondisi starter tidak hidup / rusak disebabkan oleh aki mati. Ini tidak secara otomatis berarti bahwa aki tidak baik, itu hanya berarti bahwa aki telah kehilangan daya untuk satu atau alasan lain.

Alasan untuk aki di mobil adalah untuk menyediakan daya sementara untuk menghidupkan mobil atau untuk menjalankan beberapa aksesoris (seperti lampu atau radio) ketika mobil dimatikan. Setelah mobil hidup, sistem pengisian (yang terdiri dari alternator dan regulator tegangan bersama dengan kabel interkoneksi) akan mengisi ulang aki dan menyediakan semua daya listrik yang diperlukan untuk kendaraan. aki kemudian hanya berfungsi sebagai cadangan jika kendaraan membutuhkan arus listrik lebih dari sistem pengisian dapat menyediakan. Hal ini dapat terjadi ketika ada permintaan yang tinggi untuk tenaga listrik, misalnya pada malam dingin, hujan ketika Anda berada di tengah kemacetan. Dalam hal ini, lampu dan wiper yang memberikan, kipas pemanas meniup tinggi, lampu rem sedang diaktifkan dan alternator tidak berputar cukup cepat untuk menjaga daya datang. Anda mungkin melihat lampu peredupan sedikit, maka mencerahkan seperti yang Anda tancap gas. Dalam kasus ini, aki dalam kondisi baik lebih dari mampu mengambil kendur untuk menjaga segala sesuatu yang terjadi.

Penyebab mesin tidak bisa hidup pada suzuki splash kali ini adalah karena:
1. Injektor tidak bekerja
2. Api busi tidak keluar
3. Pada panel spidometer saat kunci kontak On lampu check engin mati dan lampu gambar gembok mati.
4. Saat kunci kontak ON tidak terdengar suara pergerakan dari throttle body.
5. Semua sekring dalam kondisi baik tidak ada yang putus.

Dengan kondisi seperti yang dijelaskan diatas, sekilas bisa diambil kesimpulan adalah akibat kerusakan ECU, letak ecu mobil suzuki splash berada disamping aki.
ECU/ECM yang sudah dalam kondisi dibuka ketika saya datang tersebut secara fisik tidak ada terlihat kerusakan pada komponen elektronika didalam ECU dan setelah melakukan pengukuran pada komponen utama yang mensuplai arus listrik ke Ecu, ternyata beberapa komponen masih dalam kondisi baik.

Saat Ecu dalam kondisi terbuka, saya coba melakukan pengukuran pada sumber tegangan utama yang mensuplai Ecu saat kunci kontak on (lihat gambar 1) dan hasilnya terbaca Nol volt atau tidak ada arus listrik utama yang masuk ke ECU dan hal ini yang menyebabkan lampu check engine mati atau tidak menyala saat ON kunci kontak.
Setelah saya beri tegangan langsung pada jalur suplai utama Ecu dengan tegangan +12 volt, lampu check engine dan lampu indikator immobilizer (gambar gembok) terlihat menyala saat kunci kontak On.

Berikutnya adalah mencari jalur kabel yang menyebabkan suplai listrik ke ECU tersebut terputus, setelah melakukan pengukuran suplai utama listrik ke ECu berasal dari Relay FI, berarti relay FI tersebut rusak atau kontak relay tidak bersentuhan atau gulungan relay rusak.

Saat tutup relay dibuka dengan posisi relay tidak terpasang pada soket relay, saya coba tekan-tekan kontak relay, terlihat kontak relay tidak bersentuhan saat kontak relay ditekan secara manual. Ketika diperhatikan dengan detail terdapat logam yang ukurannya kecil mengganjal pada besi pada bagian tengah gulungan relay. Logam tersebut yang menyebabkan kontak relay tidak berhubungan meskipun relay bekerja.
Setelah relay dibersihkan dan pasang relay ke tempatnya semula, semua terlihat normal, lampu check engine dan lampu indikator gambar gembok menyala saat kunci kontak On dan coba starter mesin, mesin lansung hidup normal kembali. 
Dari informasi yang saya dapat sebelumnya di box sekring tersebut banyak semut, semut tersebut yang masuk ke dalam relay dan membuat kotor isi dalam relay. Semoga berguna.

MesinMesin Tidak Bisa HidupSuzuki 



2 komentar

mohon petunjuk.mesin splash manual sy tak mau hidup dan ditrotol gasnya bunyi cetak2 saat kunci kontak on.pompa minyak dan busi tak ada api.mohon petunjuknya.tq

Mobl di ksh bensin di intek bs hidup tp di stater ga bs hidup apa masalanya ya pak...? Mks


EmoticonEmoticon